Mengenal Serangan Denial of Service (DoS)

Sebagian dari kita mungkin tidak asing lagi dengan istilah DoS  ini. Ya, DoS kependekan dari Denial of Service ini cukup populer di dunia internet khususnya keamanan jaringan. Apakah web server anda pernah sulit diakses dari luar? punya bandwitdh besar tapi akses lambat? Server tiba-tiba crash atau down? Bisa jadi server anda kena serangan DoS!

Inti dari serangan DoS ini adalah membuat server menjadi “sibuk” sehingga user lain tidak bisa mengakses layanan server tersebut. Analoginya seperti anda menerima telp. Ketika anda ingin menjawabnya, telp langsung mati. Tiba-tiba telp berdering kembali. Lagi-lagi deringnya berhenti saat anda ingin menjawabnya. Ini dilakukan berulang-ulang sehingga  saat rekan anda yang ingin menghubungi, telp anda selalu bernada sibuk. Seperti ini lah ciri serangan DoS.

Tidak diketahui secara jelas motif dari serangan ini. Sebenarnya, tidak ada keuntungan yang didapat bagi si penyerang. Biasanya nih, serangan DoS dilakukan karena iseng, jahil, atau dendam pribadi. Ya, yang pasti DoS sangat merugikan bagi pihak yang diserang. Ping flood, SYN Flood, buffer overflow, teardrop, smurf adalah contoh dari serangan DoS ini.

Kemudian ada lagi yang namanya DDoS. Lalu, apapula DDoS itu? DDoS adalah serangan DoS yang dilancarkan oleh banyak komputer/host. Jadi, kalau DoS dilakukan oleh hanya satu komputer saja, DDoS dilakukan oleh beberapa komputer.  Secara teknikal, DDoS ini lebih ampuh dibanding DoS. Karena serangan DoS bisa menjadi sia-sia jika target memiliki sumberdaya dan bandwidth yang besar. Dengan kata lain, DDoS merupakan penyempurnaan dari serangan DoS.

Pos ini dipublikasikan di Computer and Networking dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s