Gempuran Smartphone, Tablet dan Laptop Tak Membuat Desktop PC Kalang Kabut

untitled

Dulu, kalau  punya PC desktop hebatnya bukan main. Mengetik, main games, nonton film, browsing, pokoknya komplit semua pekerjaan bisa dilakukan dengan perangkat yang biasanya disebut komputer ini. Tapi kini,  tuntutan zaman seakan menggeser fungsionalitas PC desktop. Boomingnya teknologi mobile, dengan hadirnya laptop, smartphone, tablet, dsb membuat PC desktop mulai ditinggalkan. Betapa tidak, pekerjaan yang biasa dilakukan dengan PC dahulu, kini hampir semua dapat dikerjakan dengan perangkat mobile (laptop, tablet, smartphone) ini.

Akan tetapi, gempuran smartphone-tablet tidak membuat PC desktop menjadi kalang kabut. Ada faktor X yang membuat PC dekstop tak bisa digantikan oleh perangkat mobile tsb. Ini lah sebabnya PC Desktop masih bertahan hingga saat ini.

  1. Biaya lebih murah: Harga komponen PC biasanya lebih murah dibandingkan komponen laptop atau perangkat mobile lainnya.
  2. Mudah diupgrade: PC desktop lebih gampang diupgrade. Mulai dari RAM, harddisk, vga, hingga processor pun dapat diupgrade. Berbeda dengan laptop, upgradenya terbatas karena sebagian komponen sudah onboard. Apalagi smartphone dan tablet, tidak bisa ada yang bisa di-upgrade kecuali kartu memory.
  3. Mudah diperbaiki: Jika salah satu komponen PC rusak, bisa langsung dengan cepat diganti dengan komponen baru.
  4. Bisa dikustomisasi: Banyaknya komponen, accesories, software yang tersedia memungkinkan pengguna PC mengkustomisasi PCnya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.
  5. Kinerja lebih “Powerfull”: Dengan spek yang sama, kinerja PC desktop lebih powerfull dibanding laptop apalagi smartphone dan tablet. Bermain games, olah grafis dll akan terasa lebih baik dibanding perangkat mobile.
  6. Lebih puas: Bermain games atau menonton film dengan layar besar di PC tentu memberikan kepuasan tersendiri.
  7. Mudah dioperasikan: Karena PC sudah umum digunakan, pengoperasian pun lebih mudah.
  8. Bisa merakit sendiri: PC desktop dapat dengan mudah dirakit sendiri.
  9. Lebih awet dan tahan lama: Pada umumnya PC lebih awet daripada laptop atau perangkat mobile lainnya.

Poin-poin diatas adalah sebab mengapa PC Desktop tak tergantikan hingga saat ini. Saya pun masih menggunakan PC di rumah terutama untuk mengoprek😀

Pos ini dipublikasikan di Lain-lain dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s