Mau Ngerasain Koneksi Internet Supercepat ? Kesini aja!

http www globeInternet, bukanlah sesuatu yang asing lagi terutama bagi kita yang hidup di era globalisasi saat ini. Berkat teknologi ini, seluruh dunia dapat terhubung ke dalam satu jaringan global. Salah satu dampak luar biasa yang bisa kita dirasakan ialah cepatnya pengiriman informasi, yang dalam hitungan menit atau bahkan detik langsung dapat kita nikmati.

Akses internet yang cepat merupakan dambaan bagi setiap pengguna Internet. Menurut data Bloomberg yang diperoleh dari riset Akamai, 10 negara dibawah ini termasuk yang mempunyai anugerah internet supercepat di dunia: 

  1. Hongkong (54,1 mbps) : Hongkong merupakan negara dengan akses internet paling cepat di dunia dengan kepadatan penduduk yang tinggi dan dukungan kuat dari pemerintah. Tidak seperti di negara lain, Hongkong tidak memberlakukan sensor terhadap konten internetnya. Pemerintah hongkong memberikan kebebasan bicara kepada warga dan tidak ada satupun situs yang diblok disana. Saking bebasnya membuat website disana, warga tidak lagi memerlukan ijin dari pemerintah.
  2. Korea Selatan (54,1 mbps) : Korea selatan dikenal sebagai rumahnya para gamers karena beberapa kompetisi games diadakan disini. Salah satunya World Cyber Games (WCG). Tingginya pengguna online games di Korsel, menghabiskan cukup banyak bandwidth internet. Menurut rata-rata, biaya akses internet disana termasuk murah. Pemerintah Korsel membuat kebijakan dan program untuk memfasilitasi penyebaran akses broadband. Wibro dan HSDPA merupakan media akses internet yang umum digunakan di korsel. Restoran-restoran disana umumnya menyediakan Wi-fi gratis disaat jam-jam kerja.
  3. Jepang (42,2 mbps) : Teknologi telekomunikasi yang dimiliki Jepang termasuk yang paling hebat di dunia. Pemerintah jepang memprioritaskan pengembangan internet sebagai salah satu tujuan negara-nya. Disamping itu, menurut Akamai, Jepang menggunakan Kabel fiber optik berkecepatan tinggi yang tersebar ke beberapa wilayah di jepang.
  4. Latvia (37,5 mbps) : Internet di negara ini mulai berkembang signifikan pada tahun 1999-2000. Pada saat itu ada sekitar 75.000 pengguna internet dan 12 toko e-commerce di negara ini. Kebanyakan warga latvia mengakses internet melalui jaringan publik atau di kantor karena tingginya biaya langganan internet di rumah.
  5. Rumania (37,4 mbps) : Menurut data Akamai tahun 2011, beberapa kota di Rumania termasuk ke dalam 100 besar kota di dunia dengan rata-rata akses internet tercepat. Sedangkan jika menurut Pando networks, Romania menduduki peringkat kedua setelah korea selatan dengan akses internet paling cepat.
  6. Belgia (32,7 mbps) : Mayoritas penduduk Belgia memiliki kapasitas bandwitdh antara 5GB sampai dengan 500GB per bulannya.
  7. Swiss (32,4 mbps) : Swiss dikenal sebagai penghubung utama industri keuangan dunia. Juga dikenal dengan akses internet yang cepat dengan tingkat penetrasi jaringan broadband yang luas. Faktor ini didukung dengan penggunaan kabel sebagai jaringan utama akses broadband di Swiss
  8. Bulgaria (32,1 mbps) : Karena rendahnya biaya pajak dan tenaga kerja, negara ini banyak menarik para investor dan perusahaan asing. Disamping itu, Bulgaria juga memiliki akses internet yang cepat dan pelayanan yang baik. Setelah munculnya teknologi ADSL, penggunaan internet di Bulgaria meningkat drastis dan kini tersedia di 208 kota dan daerah.
  9. Israel (30,9 mbps) : Pengembangan kemampuan akses broadband di negara ini menjadi faktor cepatnya internet di Israel. Akses internet Israel disediakan melalui jalur telepon dan infrastruktur kabel. Tiga ISP utamanya ialah 012 Smile, 013 Netvision and Bezeg International
  10. Singapura (30,7 mbps) : Dengan koneksi rata-rata 30,7 mbps, Singapur memiliki rata-rata kecepatan dua kali lipat dibanding rata-rata kecepatan internet dunia yang berkisar 15.9 mbps. Koneksi Internet di Singapura didukung oleh 4 ISP utama, seperti SingNet, StarHub, Pacnet and M1

Kesimpulan yang dapat diambil dari 10 negara internet supercepat tersebut, akses internet rata-rata menggunakan media kabel. Berbeda dengan Indonesia yang mayoritas menggunakan wireless. Lalu, mengapa negara-negara tersebut lebih mengutamakan media kabel sebagai media aksesnya? Tentu saja karena kabel lebih stabil dan lebih cepat dibanding wireless. Walaupun untuk membangun infrastruktur berbasis kabel, jauh lebih sulit dan mahal ketimbang wireless.

Jangan tanya berapa peringkat Indonesia ya.😀 Karena Indonesia belum termasuk salah satu dari negara yang mempunyai akses internet tercepat tersebut. Namun untuk saat ini, Internet di negara kita sudah makin berkembang jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Dan diharapkan kedepannya akses Internet di Indonesia dapat lebih maju lagi sehingga dapat menyaingi koneksi internet 10 negara diatas.

Pos ini dipublikasikan di Lain-lain dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s