Melirik Circuit of The Americas di MotoGP 2013

ga_seating

Setelah berhasil menyedot ribuan animo penonton dengan dua gelaran MotoGP di Laguna seca dan Indianapolis, Amerika tampaknya belum puas sampai disitu. Tahun 2013 ini, pihak Dorna kembali menambah 1 sirkuit baru yang letaknya di Amerika, yaitu Circuit of The Americas (COTA) yang akan dilangsungkan akhir pekan ini. Sebelumnya, COTA memang sudah digunakan di ajang balap Formula 1 dan V8 Supercar. Desain karakternya yang unik, membuat daya tarik tersendiri bagi COTA, terutama di ajang balap motor paling bergengsi di dunia (MotoGP). 

COTA memiliki panjang 5,5 Km yang disertai 20 tikungan dengan lebar lintasan 15 meter. Dari garis start, motor diajak menanjak kemudian mengerem dengan keras memasuki tikungan pertama yang tajam. Setelah itu lintasan kembali menurun dan memasuki tikungan ke-3 sampai ke-8 adalah tipe tikungan cepat, sehingga pembalap dipaksa memacu motor dengan cepat sembari menikung. Di tikungan ke-11, kembali tikungan patah (hairpin) sehingga motor dituntut untuk mengerem keras dan pindah ke gigi 1. Selepas tikungan 11 adalah lintasan lurus yang panjang dimana motor dapat digeber hingga 340km/jam! Diujung trek lurus bertemu tikungan patah ke kiri sehingga motor harus mengerem keras, jika tidak motor bisa ngelongsor atau keluar lintasan. Tikungan 13 & 14 sedikit mematah. Tikungan 16 hingga 18 merupakan tipe tikungan cepat. Selepas tikungan 19, lintasan sedikit menurun dan memasuki  tikungan ke-20 lintasan sedikit menanjak. Setelah itu kembali ke lintasan utama garis start yang lurus.

Berikut detil layout 3 Dimensi dari lintasan COTA:3D-track-smMelihat layout sirkuit COTA diatas, jelas bahwa banyak tikungan ke kiri. Ada 11 tikungan ke kiri dan 9 tikungan ke kanan. Rata-rata tikungan ke kiri adalah tikungan patah yang menanjak atau menurun. Tikungan pertama yang menanjak merupakan titik tertinggi dari sirkuit ini. Dengan karakter seperti ini, motor jadi  lebih sering menggunakan gigi satu. Berbeda dengan trek-trek lain dimana gigi satu sangat jarang digunakan. Inilah yang menjadi karakter unik dari sirkuit COTA Amerika yang tepatnya berada di Austin, Texas.

Komentar Rossi tentang COTA:

“Saya percaya diri, saya sangat suka dengan linstasan ini dari kesan pertama saat test pra musim, sirkuitnya bagus. Desain treknya sangat spesial. Ada turunan dan tanjakan, serta zona pengereman pertama sangat teknikal.”

“Bagi saya tikungan kedua adalah yang terbaik. Lintasan lurusnya sangat panjang, sangat bagus untuk menyusul. Saya benar-benar tidak sabar ingin segera balapan disana”

Masih kurang puas dengan artikel ini? Masih penasaran dengan trek aslinya? Langsung simak aja dibawah ini, Onboard Honda

Pos ini dipublikasikan di MotoGP, Otomotif dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s